FOLLOW TODARKNES6 MOVEMENTS

SHARE IT !

Kamis, 21 Februari 2013

GOR SAPARUA, Menjadi Sejarah Bandung Underground !!!


Dari berbagai sumber, Saparua bahkan disebutkan sebagai home base band-band underground Kota Bandung. Ingar bingar musik cadas bergenre punk, hardcore, grindcore, metal dan sebagainya menjadi mainstream pergerakan anak muda pada masanya (era tahun '90-an).

Dari catatan yang ada, pergelaran acara paling sukses yang digelar di Gelora Saparua di antaranya Hollabalo (1994), Bandung Berisik (1995), Bandung Underground (1996), dan Gorong-Gorong (1997). Dengan kapasitas 4.000 penonton, Gelora Saparua tidak akan kesepian setiap minggu. Oleh penikmat musik cadas menjadikan Gelora Saparua sebagai GOR legendaris seantero raya Indonesia.

Dari tempat tersebut pula, menjalar virus-virus untuk menggelar event musik underground di berbagai daerah di Indonesia. Gelora Saparua sendiri turut andil membesarkan komunitas underground di Indonesia dan tercatat Indonesia termasuk lima besar negara yang memiliki komunitas underground terbesar di dunia. Tapi, sekarang GOR Saparua begitu pula komunitasnya tinggal kenangan bagi pemuda-pemudi di era '90-an.

Jaman sudah berubah. Biarlah ini jadi catatan sejarah. Mungkin untuk kalian yang masih eksis di sini, ambil saja semangatnya! Buatlah sejarah kalian sendiri & terlibatlah di dalamnya! Jadilah pionir, jangan mau jadi pengekor saja! Lakukan yang terbaik meski itu hanya sebuah tindakan sederhana untuk lingkungan terkecil di sekitar anda!… 
Saparua 1996 Bandung